Berita Terbaru

Sunday 10 May 2015

CARA SUKSES ORANG JEPANG

artikel

Ternyata rahasia sukses antara bangsa Jepang dan bangsa Cina, tidak jauh berbeda, sebagaimana juga rahasia sukses lainya. Nah, berikut adalah rahasia sukses orang Cina dalam berdagang.

1.Kerja keras

Kerja keras bagi pedagang Cina adalah kata ajaib yang mendorong kesuksesan dalam berdagang. Orang cina memang cenderung memilih berdagang karena tidak dibatasi ruang,waktu dan tempat.Selain bebas,kegiatan perdangan juga menyediakan ruang yang besar bagi seorang untuk mengembangkan kemampuannya. Jika ingin berhasil maka harus bekerja lebih keras dan lebih rajin.
Keberhasilan orang Cina bukan disebabkan keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.

2.Menjadikan berdagang sebagai hobi

Sebagaimana kita ketahui kalau menjadikan pekerjaan sebagai hobi, maka sukses akan lebih mudah di dapat, karena apabila sebuah pekerjaan dikerjakan sepenuh hati maka akan lebih bersemangat mengerjakannya. Bagi orang cina, berdagang dapat dijadikan hobi,tapi bukan untuk mengisi waktu luang.

3.Meningkatkan investasi

Orang Cina selalu berusaha meningkatkan investasi. Keuntungan yang diperoleh dibelanjakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.Uang digunakan untuk menghasilkan uang. Dengan meningkatkan investasi ini, maka bisnisnya akan selalu berkembang.

4.Bersikap baik di hadapan pelanggan

Orang Cina selalu pantang mengeluh di hadapan pelanggan, apalagi menunjukkan emosi negatif.Bersikap terbuka dan berlapang dada apabila menghadapi situasi sulit dan tetap fokus mencari jalan keluar.Sekadar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal,harus didukung sikap agresif,proaktif,berani,tahan banting,semangat tinggi,dan rela berjuangan untuk merebut segala peluang yang ada.

5.Cepat Bertindak

Budaya orang Cina adalah mengutamakan kecepatan dalam bertindak.Orang Cina mengijinkan pelanggan membuat pilihan sendiri seperti memberi pelayanan baik,diskon maupun kredit.Dunia perdagangan penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni ‘bela diri’ perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.

6.Bersaing secara positif

Bagi masyarakat Cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan. Sekali namanya sudah rusak, selamanya orang tidak akan mempercayainya lagi.

7.Sabar

Orang Cina juga dikenal dengan kesabarannya. Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis. Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan kesebaran niscaya akan menjadi aset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.
Dari 7 rahasia sukses orang Cina dalam berdagang ini dapat disimpulkan bahwa rahasia sukses itu sebenarnya hampir sama saja. Sebagai contoh adalah kerja keras. Orang yang kerja keras setidaknya memiliki peluang sukses yang jauh lebih besar dari orang pemalas. 

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates